Langsung ke konten utama

Mudahnya Budidaya Seledri dan Banyak manfaatnya




Seledri (Apium graveolens), ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat khasiat yang sangat berlimpah untuk kesehatan tubuh manusia. Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini, karena tanaman ini mudah dicari dan gampang ditemukan contohnya pada makanan atau sayur seperti bakso dan sop.
Daun seledri memiki banyak manfaat serta khasiat yang bisa digunakan untuk pengobatan atau herbal, yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia, daun Seledri terbilang mudah budidayanya.

Kandungan

  • Kandung vitamin dan dan zat penting yang berguna bagi tubuh manusia, antara lain asam amino, boron, kalsium, klorin, asam lemak esensial, folat, inositol, besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, selenium, sulfur, seng.
  • Vitamin yang berkhasiat bagi kesehatan yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan juga vitamin K .

Manfaat khasiat daun seledri:
1.     Memperlambat proses penuaan
2.     Baik untuk dinding lambung
3.     Menjaga berat badan
4.     Mengobati diabetes
5.     Melancarkann aliran darah
6.     Menurunkan tekanan darah
7.     Menjaga kemudaan sel
8.     Menjaga keturunan dan aktivitas otot
9.     Membantu melarutkan kalsium dalam tubuh
10.   Melindungi otak dan  sistem sarap
11.   Menetralkan asam tubuh
12.   Mengobati arthritis, neuritis, rematik, dan asma

Berikut ini adalah manfaat khasiat seledri untuk mengatasi beberapa penyakit serta cara mengolahnya:

Untuk mengobati rematik
Ambil 1 genggam daun dan batang seledri, kemudian rebus dalam 2 gelas air sampai tertinggal hanya 1 gelas. Setelah  dingin, saring untuk diambil airnya dan minum 1 gelas sehari.

Untuk obat mata kering
Cukup dengan mencuci daun seledri, daun bayam dan juga daun kelor sebanyak masing-masing ½ genggam sampai benar benar bersih, kemudian tumbuk semua bahan tersebut hingga halus, tambahkan garam dapur seujung sendok teh dan juga ¾ cangkir air yang sudah masak. Remas campuran ini sampai rata, kemudian peras dan saring untuk diambil airnya. Minum air perasan ini sekaligus 3 kali sehari.

Obat tekanan darah tinggi
Cuci 100 gr seledri seutuhnya sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 cangkir air, kemudian peras dan saring, lalu rebus hingga mendidih. Setelah dingin minum air tesebut 2 kali sehari pagi dan siang hari.

Untuk obat batuk
Cuci 30 grm seledri segar, kemudian potong beberapa bagian seperlunya, lalu rebus dengan 3 gelas air. Setelah dingin, saring dan tambahkan sedikit madu. Minum 2 kali sehari pagi dan sore.

Obat kolik
Sediakan 60 gr seledri segar, 1 ruas jahe merah. Cuci bahan-bahan tersebut dan juga potong-potong seperlunya, kemudian rebus dengan 2 gelas air dan hingga tersisa tertinggal separuhnya. Setelah dingin, saring dan tambahkan sepotong gula aren, aduk hingga merata. Minum air tersebut 1 kali sehari.

Obat penyubur rambut
Cuci 7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, kemudian tumbuk halus, kemudian gosokan hasil tumbukan daun seledri ini ke kulit kepala dan juga rambut secara merata sambil dipijat-pijat ringan. Selesai itu bungkuslah rambut menggunakan handuk kurang lebih selama 1 jam. Kemudian bilas rambut dengan air bersih. Lakukan cara ini 1 minggu sekali.

Untuk menurunkan kadar kolesterol
Kandungan tinggi akan vitamin C, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga juga dapat mencegah kanker, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bupati Gowa Serahkan Trofi Penghargaan Kampung Iklim Lestari Untuk KBA Kanreapia Tombolo Pao

Penerimaan penghargaan - penghargaan di hari jadi Gowa ke 702 Tahun, Kanreapia menerima trofi penghargaan Kampung Iklim Lestari dari Bupati Gowa. Dr. Adnan Purichta Ichsan YL S.H,. MH. Kanreapia menjadi satu - satunya desa yang berhasil mendapatkan penghargaan kampung iklim lestari tahun 2022 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 

Yess Open Day Gowa Sukses di Gelar, Petani Muda Semakin Semangat Bertani

  Gowa – Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) merupakan sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian. Sebagai salah satu progres pelaksanaan program YESS, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Sulawesi Selatan menggelar pameran pertanian bertajuk “Open Day”.

Petani Adalah Pekerjaan Mulia, Karena Petani Merupakan Bentuk Pengabdian Kepada Negara

Sejatinya #petani adalah pekerjaan yang sangat mulia, dan jangan lagi dipandang sebelah mata sebagai suatu mata pencaharian. Karena petani adalah salah satu bentuk pengabdian terhadap negara dengan memberi makan kita semua. Melalui jasa-jasa para petani lah sampai dengan hari ini kita masih bisa menikmati berbagai macam hasil yang dihasilkan oleh para petani, seperti beras, sayuran, buah-buahan dan berbagai hasil pertanian para petani Indonesia. HIDUP PETANI !!! Sumber SPI. #PETANIGowa