Langsung ke konten utama

Anak Petani Belajar di Alam

ANAK PETANI BELAJAR DI ALAM Anak Petani adalah Generasi Petani, mereka membutuhkan aktifitas yang positif di hari minggu, hari libur buat anak – anak seusia anak petani. Belajar di alam terbuka menjadi salah satu aktifitas anak – anak petani Desa Kanreapia dan anak petani Gowa pada umumnya. Metode belajar yang di terapkan oleh Sekolah Alam Gapoktan Butta Gowa adalah bagaimana memberikan motivasi, pengetahuan, bercerita, baca puisi, lagu dan belajar bersama baik secara berkelompok, tugas individu dan mengenal alam, tumbuhan, sayuran, buah – buahan dan pengalaman selama perjalanan dari star sampai selesainya proses belajar mengajar di Sekolah Alam. Anak petani belajar di alam adalah konsep baru buat anak petani, dimana kegiatan ini sangat di perlukan oleh generasi petani, di mana selama ini kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas peningkatan SDM petani di nilai sangat kurang. Pemberdayaan petani dan generasi petani adalah kegiatan yang sangat urgen menuju regenerasi petani yang handal, mandiri, berjiwa pemimpin, cerdas, sehat dan berjiwa social. Sekolah Alam adalah bahasa krennya di mana sekolah alam ini adalah wadah khusus bagi anak – anak petani baik yang masih berstatus sebagai siswa maupun yang putus sekolah. Gerakan Cerdas Anak Petani mencakup beberapa aktifitas dan metode gerakan yang berbeda, mulai dari Iqra Diniyah sebagai aktifitas mengaji bagi anak – anak petani di sore hari, Rumah baca dan taman baca adalah gerakan cerdas dan gemar membaca dan sekolah alam adalah gerakan cerdas belajar di alam terbuka, kesemuanya itu adalah bagaimana arah dan tujuan menjadikan pertanian cerdas dan terarah. Sekolah Alam ini berada di alam terbuka dan berada di Lokasi Percontohan Pertanian Kabupaten Gowa, Tepatnya di desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kab. Gowa.

Ayo belajar, ayo membaca.

Petani Cerdas Petani Berdasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bupati Gowa Serahkan Trofi Penghargaan Kampung Iklim Lestari Untuk KBA Kanreapia Tombolo Pao

Penerimaan penghargaan - penghargaan di hari jadi Gowa ke 702 Tahun, Kanreapia menerima trofi penghargaan Kampung Iklim Lestari dari Bupati Gowa. Dr. Adnan Purichta Ichsan YL S.H,. MH. Kanreapia menjadi satu - satunya desa yang berhasil mendapatkan penghargaan kampung iklim lestari tahun 2022 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 

Yess Open Day Gowa Sukses di Gelar, Petani Muda Semakin Semangat Bertani

  Gowa – Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) merupakan sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian. Sebagai salah satu progres pelaksanaan program YESS, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Sulawesi Selatan menggelar pameran pertanian bertajuk “Open Day”.

Petani Adalah Pekerjaan Mulia, Karena Petani Merupakan Bentuk Pengabdian Kepada Negara

Sejatinya #petani adalah pekerjaan yang sangat mulia, dan jangan lagi dipandang sebelah mata sebagai suatu mata pencaharian. Karena petani adalah salah satu bentuk pengabdian terhadap negara dengan memberi makan kita semua. Melalui jasa-jasa para petani lah sampai dengan hari ini kita masih bisa menikmati berbagai macam hasil yang dihasilkan oleh para petani, seperti beras, sayuran, buah-buahan dan berbagai hasil pertanian para petani Indonesia. HIDUP PETANI !!! Sumber SPI. #PETANIGowa