Langsung ke konten utama

Cerita Petani Tentang Pupuk Subsidi

Pupuk menjadi salah satu penunjang Swasembada pangan,
petani Desa Kanreapia mempunyai Cerita tentang pupuk Subsidi yang di subsidi oleh pemerintah. Menurut para Petani, di semua dusun yang ada di Desa Kanreapia bahwa sepanjang ingatan Mereka. Pupuk Subsidi tidak pernah Normal dari Harga yang di tetapkan pemerintah yakni Harga Enceran Tertinggi (HET). Melalui Sebar koesioner oleh Mahasiswa Unhas Fakultas Pertanian beberapa waktu yang lalu menunjukkan semua jawaban petani (responden)  tentang pupuk yang mereka beli yakni pupuk Urea dengan harga Rp. 110.000, Rp. 115.000 hingga Rp. 120.000/50 kg. Harga HET pupuk Urea yaitu Rp. 1.800/kg X 50 = 90.000, tidak di ketahui oleh petani, anggapan petani bahwa pupuk urea tergantung penjual, mereka tidak mengetahui HET dari pemerintah, itu di akibatkan karena Penjual di toko tidak memasang papan, informasi, baik sebagai agen resmi maupun harga pupuk subsidi. Transparansi pupuk Subsidi ternyata belum di informasikan kepada rakyat petani di pedesaan, ini menunjukkan perlunya tindakan dari pemerintah pusat untuk melakukan pengawasan ke pelosok – pelosok agar apa yang di programkan pemerintah benar – benar terlaksana dan memenuhi enam prinsip. 1. Tepat Jenis. 2. Tepat jumlah. 3. Tepat Harga. 4. Tepat Tempat. 5. Tepat Waktu  dan 6. Tepat Mutu. Jangan Sampai anggaran Pupuk subsidi hanya di nikmati oleh segelintir orang – orang yang menyalah gunakan mandat keagenan. Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida juga di harapkan mampu mengambil peran aktif menengur agen yang melakukan pendistribusian pupuk subsidi di atas harga HET.

#Cerita Petani Gowa. Untuk Pemerintah,
#Jangan biarkan petani menjerik. #Jangan Biarkan Petani Mogok Bertani      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bupati Gowa Serahkan Trofi Penghargaan Kampung Iklim Lestari Untuk KBA Kanreapia Tombolo Pao

Penerimaan penghargaan - penghargaan di hari jadi Gowa ke 702 Tahun, Kanreapia menerima trofi penghargaan Kampung Iklim Lestari dari Bupati Gowa. Dr. Adnan Purichta Ichsan YL S.H,. MH. Kanreapia menjadi satu - satunya desa yang berhasil mendapatkan penghargaan kampung iklim lestari tahun 2022 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 

Yess Open Day Gowa Sukses di Gelar, Petani Muda Semakin Semangat Bertani

  Gowa – Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) merupakan sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian. Sebagai salah satu progres pelaksanaan program YESS, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Sulawesi Selatan menggelar pameran pertanian bertajuk “Open Day”.

Petani Adalah Pekerjaan Mulia, Karena Petani Merupakan Bentuk Pengabdian Kepada Negara

Sejatinya #petani adalah pekerjaan yang sangat mulia, dan jangan lagi dipandang sebelah mata sebagai suatu mata pencaharian. Karena petani adalah salah satu bentuk pengabdian terhadap negara dengan memberi makan kita semua. Melalui jasa-jasa para petani lah sampai dengan hari ini kita masih bisa menikmati berbagai macam hasil yang dihasilkan oleh para petani, seperti beras, sayuran, buah-buahan dan berbagai hasil pertanian para petani Indonesia. HIDUP PETANI !!! Sumber SPI. #PETANIGowa