Langsung ke konten utama

Lahirkan Generasi Petani Melalui Kader Petani Muda di Rumah Koran




Mewujudkan Generasi Petani yang cerdas membutuhkan penggerak yang mampu mengarahkan Generasi Petani menuju Generasi Petani yang cerdas, berwawasan dan mampu bersaing secara Global.
Rumah Koran Punya Lahan Percontohan merupakan ajakan kepada pemuda desa untuk belajar setiap hari minggu memanfaatkan hari libur untuk belajar, yakni belajar di alam terbuka. Setiap hari minggu adalah aktifitas pemuda Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa.


Proses belajar ini adalah cara mewujudkan pemuda desa yang cerdas, hebat dan berdaya saing. Belajar di alam terbuka dengan konsep sekolah alam Anak Petani adalah cara memanfaatkan hari libur untuk belajar sambil bermain.
Sehingga selain mereka belajar di dalam Ruangan di Rumah Koran mereka juga belajar di Alam Terbuka
Aktifitas ini menjadi rutinitas anak – anak Desa Kanreapia dan sekitarnya baik yang sudah Putus Sekolah maupun yang masih berstatus lanjut sekolah
Konsep ini bertujuan mengajak peserta didik untuk belajar di alam dengan berkunjung ke Kebun, sungai dan tempat wisata, agar mereka tidak bosan untuk belajar di dalam ruangan
Buku menjadi bawaan utama bagi mereka sebagai bahan bacaan dan sumber diskusi pada saat sesi pembagian kelompok. Dalam sesi ini peserta menganalisa apa yang mereka lihat dan bermain permainan tradisional.
Tujuannya adalah menumbuhkan semangat belajar, baik baca buku, melanjutkan pendidikan formal dan menumbuhkan rasa PD.
Tujuan yang kedua adalah agar petani mampu keluar dari ketertinggalan pengetahuan dimana Data Pekerja Pada Sektor Pertanian, 75% Lulusan SD/Tidak Tamat SD,
15% Lulusan SMP 9% Lulusan SMA dan Hanya 1% Sarjana,
sehingga Wajar Jika Pertanian selalu dinilai lambat mengikuti perkembangan dan Melahirkan Inovasi Baru
.


Komentar

BERITA UNGGULAN

Jangan Malu Jadi Petani Karena Makanan Berasal Dari Petani

Semua manusia makan dari hasil bumi, hasil pertanian. Banggalah kita lahir sebagai petani.
Bangga jadi petani

Anak Petani Gowa Jadi Si Bolang Trans 7

Si Bolang atau Bocah Petualang adalah anak - anak desa, anak - anak petani yang melakukan aktifitas usia anak - anak.
Si Bolang Trans 7, kemarin melakukan pengambilan gambar di Kecamatan Tombolo Pao kab. Gowa. Salam.
#Gowa Untuk Indonesia
#Petani Gowa
#Rumah Baca
#Iqra Diniyah
#Sekolah Alam

SARJANA PULANG KAMPUNG KARENA PERTANIAN MAMPU SERAP TENAGA KERJA

Di tengah berbagai permasalahan, sektor pertanian masih memegang peran yang sangat strategis bagi ketenagakerjaan di Indonesia. Selama periode 1996-2002, rata-rata untuk setiap 10 orang pekerja Indonesia, 4-5 diantaranya bekerja atau berusaha di lapangan usaha itu. Sementara itu, berdasarkan data sakernas tahun 2006, penduduk Indonesia yang bekerja dalam bidang pertanian mencapai 42.039.250 orang dari 95.177.102 orang (44,2 %) penduduk Indonesia yang bekerja. Memperhatikan hal tersebut, maka kebijakan ketenagakerjaan di Indonesia sangat tidak realistis jika mengabaikan sektor pertanian. Sektor inilah yang justru tidak mengalami pukulan yang hebat di saat sektor lain mengalami keterpurukan oleh krisis ekonomi. Bahkan, beberapa komoditi pertanian, terutama perikanan justru mengalami keuntungan luar biasa pada saat krisis ekonomi terjadi.