Langsung ke konten utama

Lahirkan Generasi Petani Melalui Kader Petani Muda di Rumah Koran




Mewujudkan Generasi Petani yang cerdas membutuhkan penggerak yang mampu mengarahkan Generasi Petani menuju Generasi Petani yang cerdas, berwawasan dan mampu bersaing secara Global.
Rumah Koran Punya Lahan Percontohan merupakan ajakan kepada pemuda desa untuk belajar setiap hari minggu memanfaatkan hari libur untuk belajar, yakni belajar di alam terbuka. Setiap hari minggu adalah aktifitas pemuda Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa.


Proses belajar ini adalah cara mewujudkan pemuda desa yang cerdas, hebat dan berdaya saing. Belajar di alam terbuka dengan konsep sekolah alam Anak Petani adalah cara memanfaatkan hari libur untuk belajar sambil bermain.
Sehingga selain mereka belajar di dalam Ruangan di Rumah Koran mereka juga belajar di Alam Terbuka
Aktifitas ini menjadi rutinitas anak – anak Desa Kanreapia dan sekitarnya baik yang sudah Putus Sekolah maupun yang masih berstatus lanjut sekolah
Konsep ini bertujuan mengajak peserta didik untuk belajar di alam dengan berkunjung ke Kebun, sungai dan tempat wisata, agar mereka tidak bosan untuk belajar di dalam ruangan
Buku menjadi bawaan utama bagi mereka sebagai bahan bacaan dan sumber diskusi pada saat sesi pembagian kelompok. Dalam sesi ini peserta menganalisa apa yang mereka lihat dan bermain permainan tradisional.
Tujuannya adalah menumbuhkan semangat belajar, baik baca buku, melanjutkan pendidikan formal dan menumbuhkan rasa PD.
Tujuan yang kedua adalah agar petani mampu keluar dari ketertinggalan pengetahuan dimana Data Pekerja Pada Sektor Pertanian, 75% Lulusan SD/Tidak Tamat SD,
15% Lulusan SMP 9% Lulusan SMA dan Hanya 1% Sarjana,
sehingga Wajar Jika Pertanian selalu dinilai lambat mengikuti perkembangan dan Melahirkan Inovasi Baru
.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bupati Gowa Serahkan Trofi Penghargaan Kampung Iklim Lestari Untuk KBA Kanreapia Tombolo Pao

Penerimaan penghargaan - penghargaan di hari jadi Gowa ke 702 Tahun, Kanreapia menerima trofi penghargaan Kampung Iklim Lestari dari Bupati Gowa. Dr. Adnan Purichta Ichsan YL S.H,. MH. Kanreapia menjadi satu - satunya desa yang berhasil mendapatkan penghargaan kampung iklim lestari tahun 2022 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 

Yess Open Day Gowa Sukses di Gelar, Petani Muda Semakin Semangat Bertani

  Gowa – Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) merupakan sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian. Sebagai salah satu progres pelaksanaan program YESS, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Sulawesi Selatan menggelar pameran pertanian bertajuk “Open Day”.

Embung Pertanian KBA Kanreapia di Kabupaten Gowa Sulsel

  Embung Pertanian KBA Kanreapia di Kecatamatan Tombolo Pao Gowa Kebutuhan air petani Kanreapia saat musim kemarau terbilang cukup tinggi, air menjadi hal yang penting dalam proses budidaya sayur mayur agar tetap tumbuh subur menghasilkan panen yang melimpah. Petani Kanreapiapun memiliki caranya agar kebutuhan air mereka bisa terpenuhi yaitu dengan membuat embung pertanian. Embung pertanian di desa inipun terlihat dimana – mana, dengan ukuran yang berbeda – beda tergantung luas area lahan masing – masing petani. Di sadari bahwa embung sangat bermanfaat, baik untuk menampung air hujan, usaha budidaya ikan dan pastinya untuk kebutuhan pengairan lahan pertanian.